Baca Dulu Buku Mustikarasa Bila Anda Pencinta Kuliner

Mustikarasa
Mustikarasa Edisi Lawas. Sumber foto: http://food.detik.com/read/2015/03/07/105507/2852237/297/mustika-rasa-satu-satunya-buku-masak-resmi-yang-diterbitkan-pemerintah-indonesia

Para pencinta kuliner maupun orang yang bergelut dalam bisnis kuliner itu sendiri tentu amat menantikan resep terbaru dari tiap masakan. Namun sadarkah bila banyak resep lama yang mungkin belum pernah Anda cicipi? Atau mungkin belum pernah Anda dengar namanya? Hal itu ada pada buku Mustikarasa: Resep Masakan Indonesia Warisan Sukarno, satu-satunya buku masak resmi yang diterbitkan pemerintah Indonesia pada tahun 1967 yang digagas oleh Presiden Sukarno. Buku masak Mustikarasa lebih tepat disebut kitab karena tebalnya mencapai 1123 halaman.

Memang sudah 47 tahun sejak buku mustikarasa ini diterbitkan. Namun, pemerintah Indnonesia tak pernah menerbitkan buku masak lagi. Buku ini mencerminkan pemerintah orde lama dan orde baru sangat serius menangani masalah pangan.

Waktu yang panjang selama hampir 7 tahun dihabiskan demi resep-resep yang dikumpulkan dari Sabang hingga Merauke. Metode yang digunakan dengan menelpon satu per satu pemilik resep atau dikirimi surat dan kartu pos.

Meskipun dimulai tahun 1960 pada masa pemerintahan Soekarno dan diluncurkan pada tahun 1967 masa pemerintahan Soeharto tetapi tidak ada masalah. Mengingat kedua pemimpin bangsa ini punya niat yang sama dalam memajukan pangan dan budaya lokal.

Latar belakang pembuatan buku ini karena pada saat itu ada ancaman krisis pangan. Pemerintahpun mencanangkan deversifikasi, intersifikasi dan ekstensifikasi pangan.

Seperti diungkap oleh Menteri Pertanian Brigjen dr Azis Saleh dalam catatan dari pertemuannya dengan presiden Soekarno pada tanggal 12 desmeber 1960 tentang pembuatan buku ini. Buku masak ini diharapkan bisa menjadi pedoman bagi seluruh rakyat di manapun berada agar bisa memanfaatkan bahan makanan yang ada di sekitarnya dan mengolahnya menjadi makanan lezat.

Buku yang berisi 1600 resep ini diawali dengan penjelasan tentang deversifikasi pangan. Memanfaatkan bahan-bahan pangan local menjadi alternatif pengganti beras dan sumber nutrisi alami.

Harsono Hardjohutomo sebagai ketua panita penulisan buku masak inipun menyadari bahwa jumlah 1600 resep sangat kurang untuk mewakili kekayaan kuliner Indonesia. Karena menjadi buku masakan yang pertama dan terlengkap buku ini bisa jadi rujukan untuk kuliner Indonesia.

Meskipun ada sedikit perbedaan pandangan namun kedua presiden ini punya tujuan yang sama. Ingin mewariskan tradisi kuliner Indonesia kepada masyarakat luas. Setidaknya mereka akan mampu mengolah makanan untuk keluarga.

"Kehadiran buku Mustikarasa ini menunjukkan pemerintah Soekarno dan Soeharto sangat serius menempatkan makanan Indonesia sebagai kekayaan budaya. Bukan sekadar untuk dimakan saja," demikian jelas J.J Rizal, sejarawan dalam diskusi panel kuliner Nusantara.

Setelah Mustikarasa, tak ada lagi perhatian pemerintah yang sangat serius dan berkesinambungan soal kuliner Indonesia. Demikian juga terhadap produk pangan. Kekurangan pangan diatasi dengan impor pangan dan tidak dengan swasembada pangan seperti masa lalu.

Di dalam buku ini bisa didapat resep masakan berkuah, tidak berkuah, sayuran, sambal, minuman hingga jajanan dari seluruh daerah Indonesia. Sampul muka buku ini berupa illustrasi tangan seorang ibu berkebaya merah sedang memasak memotong sayur dengan tungku dan ketupat bergantung di sisinya.

Buku terbitan asli ini kini hanya bisa didapat melalui lelang buku atau penjualan buku langka dengan harga Rp. 750.000 – Rp. 5 juta tergantung kondisi buku.

Sumber: food.detik.com 

Update:
Karena kepeduliannya terhadap mahakarya warisan pemerintah, JJ Rizal pun menggagas penerbitan ulang buku Mustikarasa. Sebuah buku yang memang telah lama dinanti cetak ulangnya oleh semua pencinta masakan Indonesia, setelah terakhir terbit lebih dari 40 tahun lalu. Dengan tebal yang sama hampir 1200 halaman, buku ini sudah bisa dibeli di gramedia seluruh Indonesia dengan harga Rp 400.000,-. Jenis kertas bookpaper dan format hard cover. Bila Anda ingin mendapat harga diskon sebesar 20%, silakan kunjungi website bukubukulawas.com dan hubungi contact person yang tertera untuk melakukan pemesanan.

Baca buku ini bila memang Anda pencinta kuliner warisan Nusantara!

Mustikarasa Edisi Baru
Mustikarasa Edisi Baru. Sumber foto: http://bukubukulawas.com/mustikarasa-resep-masakan-indonesia-warisan-sukarno/
Isi Buku Mustikarasa
Daftar isi Mustikarasa. Sumber foto: http://bukubukulawas.com/mustikarasa-resep-masakan-indonesia-warisan-sukarno/

Resensi Buku Mustikarasa
 Resensi Mustikarasa edisi baru di harian Kompas. Sumber: twitter JJ Rizal.

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

0 Response to "Baca Dulu Buku Mustikarasa Bila Anda Pencinta Kuliner"

Post a Comment