Kenali Tanda Kamu Punya Pelanggan Setia


Pelanggan setia merupakan nyawa bagi keberlangsungan bisnis kamu. Bukankah akan lebih mudah dan cepat menjual produk maupun jasa kepada seseorang yang telah memiliki kesan baik sebelumnya?
Pentingnya kehadiran pelanggan tetap membuat banyak pebisnis berusaha semaksimal mungkin untuk mempertahankannya. Lalu, apakah kamu tahu seperti apa ciri-ciri konsumen yang sudah menjadi pelanggan setia seperti apa? Berikut ciri-ciri pelanggan setia seperti dilansir smallbiztrends.com:

1. Tidak Masalah dengan Biaya
Ketika pelanggan sudah merasa puas dan nyaman dengan layanan yang kamu berikan, mereka tak segan ketika kamu menyodorkan penyesuaian harga barang terbaru. Mereka tidak mempersoalkan harga karena sudah sangat paham dengan kualitas pelayanan dan tentunya adanya hubungan emosional dengan penjual.

2. Mereka Menjadi Pembela Perusahaan Kamu
Saat terjadi masalah dengan produk kamu, pelanggan loyal tak segan untuk membela dan memperbaiki citra produk kamu. Pastinya hal itu dilakukan dengan cuma-cuma. 
Contohnya ialah saat pelanggan A yang merupakan pelanggan baru komplain dengan kualitas produk yang dibelinya, maka pelanggan B yang merupakan pelanggan setia datang untuk memberikan testimoni bahwa kualitas produk yang biasa dibelinya sangat baik dan tidak pernah mengalami masalah sedikitpun.

3. Mereka Berikan Testimonial dan Ulasan
Jika pelanggan membutuhkan waktu untuk memberikan testimonial positif atau review, ada kemungkinan mereka akan menjadi pelanggan setia. Jika memungkinkan, silakan balas, berterima kasih untuk waktu mereka.

4. Mau Mengundang ke Acara
Jika pelanggan mengundang kamu ke sebuah acara, baik itu acara industri atau apapun, mereka sudah dapat dikategorikan sebagai pelanggan setia. Pelanggan loyal seperti itu juga tidak sungkan mengenalkan kamu ke rekan-rekannya. Tentunya hal tersebut baik karena peluang untuk mendapat pelanggan baru sangatlah besar.

5. Datang untuk Segala Hal
Mereka (pelanggan setia) pertama kali tidak peduli apa masalah yang mereka hadapi karena mereka percaya bahwa kamu bisa memberikan saran terbaik untuk memecahkan masalah. Meskipun kamu tidak memiliki produk yang sesuai dengan keinginan mereka, mereka tidak ragu menunggu solusi dari kamu atas permasalahannya.

6. Percaya Penuh Kepada Kamu
Pelanggan setia adalah orang yang menempatkan kepercayaan penuh mereka dalam pekerjaan Anda dan tidak mempertanyakan setiap langkah Anda. Ada tidak ragu-ragu untuk pembaharuan karena mereka memahami bahwa Anda tahu apa yang Anda lakukan dan Anda melakukan segalanya dan apa saja untuk menguntungkan perusahaan mereka

Sumber: smartbisnis.com

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

0 Response to "Kenali Tanda Kamu Punya Pelanggan Setia"

Post a Comment