Pelanggan setia merupakan nyawa bagi
keberlangsungan bisnis kamu. Bukankah akan lebih
mudah dan cepat menjual produk maupun jasa kepada seseorang yang telah
memiliki kesan baik sebelumnya?
Pentingnya kehadiran pelanggan tetap
membuat banyak pebisnis berusaha semaksimal mungkin untuk
mempertahankannya. Lalu, apakah kamu tahu seperti apa ciri-ciri konsumen
yang sudah menjadi pelanggan setia seperti apa? Berikut ciri-ciri
pelanggan setia seperti dilansir smallbiztrends.com:
1. Tidak Masalah dengan Biaya
Ketika pelanggan sudah merasa puas dan
nyaman dengan layanan yang kamu berikan, mereka tak segan ketika kamu
menyodorkan penyesuaian harga barang terbaru. Mereka tidak mempersoalkan
harga karena sudah sangat paham dengan kualitas pelayanan dan tentunya
adanya hubungan emosional dengan penjual.
2. Mereka Menjadi Pembela Perusahaan Kamu
Saat terjadi masalah dengan produk kamu,
pelanggan loyal tak segan untuk membela dan memperbaiki citra produk
kamu. Pastinya hal itu dilakukan dengan cuma-cuma.
Contohnya ialah saat pelanggan A yang
merupakan pelanggan baru komplain dengan kualitas produk yang dibelinya,
maka pelanggan B yang merupakan pelanggan setia datang untuk memberikan
testimoni bahwa kualitas produk yang biasa dibelinya sangat baik dan
tidak pernah mengalami masalah sedikitpun.
3. Mereka Berikan Testimonial dan Ulasan
Jika pelanggan membutuhkan waktu untuk
memberikan testimonial positif atau review, ada kemungkinan mereka akan
menjadi pelanggan setia. Jika memungkinkan, silakan balas, berterima
kasih untuk waktu mereka.
4. Mau Mengundang ke Acara
Jika pelanggan mengundang kamu ke sebuah
acara, baik itu acara industri atau apapun, mereka sudah dapat
dikategorikan sebagai pelanggan setia. Pelanggan loyal seperti itu juga
tidak sungkan mengenalkan kamu ke rekan-rekannya. Tentunya hal tersebut
baik karena peluang untuk mendapat pelanggan baru sangatlah besar.
5. Datang untuk Segala Hal
Mereka (pelanggan setia) pertama kali
tidak peduli apa masalah yang mereka hadapi karena mereka percaya bahwa
kamu bisa memberikan saran terbaik untuk memecahkan masalah. Meskipun
kamu tidak memiliki produk yang sesuai dengan keinginan mereka, mereka
tidak ragu menunggu solusi dari kamu atas permasalahannya.
6. Percaya Penuh Kepada Kamu
Pelanggan setia adalah orang yang
menempatkan kepercayaan penuh mereka dalam pekerjaan Anda dan tidak
mempertanyakan setiap langkah Anda. Ada tidak ragu-ragu untuk
pembaharuan karena mereka memahami bahwa Anda tahu apa yang Anda lakukan
dan Anda melakukan segalanya dan apa saja untuk menguntungkan
perusahaan mereka
Sumber: smartbisnis.com
0 Response to "Kenali Tanda Kamu Punya Pelanggan Setia"
Post a Comment