Beberapa Penyebab Anda Sulit Mengembangkan Diri




Siapapun dan apapun profesi seseorang, pengembangan diri amatlah diperlukan. Dari pelajar, karyawan, sampai tentunya pengusaha, mereka semua harus selalu mengembangkan diri mereka agar dapat terus maju pada bidang yang sedang digeluti. Yang harus Anda sadari, proses pengembangan diri tidaklah mudah untuk dilakukan. Banyak orang gagal dalam proses pengembangan dirinya.

Maka dari itu, bila Anda merasa sedang menjalani proses pengembangan diri, ada baiknya bila Anda mempelajari sebab-sebab yang mungkin saja tengah menghambat proses pengembangan diri Anda. Guna membantu Anda mencapai tahap yang lebih tinggi dalam proses mengembangkan potensi diri, di bawah ini akan disampaikan faktor-faktor yang bisa membuat gagalnya proses pengembangan diri Anda.


1. Anda Tidak Ingin Menjadi Seorang Pendengar yang Baik
Sekalipun jangan pernah meremehkan kemampuan mendengar Anda. Keterampilan mendengar yang baik amatlah diperlukan agar kemampuan diri Anda menjadi berkembang. Banyak orang yang tak mengindahkan hal ini, hingga membuat mereka cenderung sungkan untuk mendengarkan sesuatu dari orang lain yang bisa saja sangat bermanfaat untuk proses pengembangan dirinya.

Padahal bila mereka berkenan menjadi pendengar yang baik, potensi dalam proses pengembangan diri akan semakin terbuka. Dan akan semakin bagus bila Anda meningkatkan kemampuan mendengar dengan selalu saksama menyimak setiap apa yang lawan bicara Anda sampaikan. Anda harus bisa menyerap hal-hal positif dari apa yang Anda dengar untuk kemudian dijadikan bahan guna meningkatkan kemampuan Anda sendiri.


2. Anda Terlalu Tertutup Dengan Ide-ide Orang Lain
Hal paling berbahaya adalah ketika merasa diri sudah pintar, sehingga menganggap ide-ide yang disampaikan orang lain itu buruk. Bahkan kita cenderung meresponsnya dengan negatif. Bahkan, Anda justru tersinggu dengan masukan tersebut. padahal, seburuk apapun ide yang orang lain sampaikan bila Anda menerimanya dengan cara positif,hal itu akan menjadi sumber inspirasi untuk pengembangan diri Anda.

Hindari dicap sebagai orang yang sombong, terlebih bila Anda adalah seorang pebisnis. Sikap keterbukaan akan memperkaya diri Anda dengan berbagai ide yang pada akhirnya akan menjadikan Anda semakin kreatif dan inovatif. Disamping itu semua, Anda tetap harus melakukan penyaringan terhadap ide-ide orang lain.


3. Anda Tidak Jujur Pada Diri Sendiri

Hal ini juga menjadi penyebab terhambatnya proses pengembangan diri Anda. Kita kadang sulit menerima keadaan bahwa sebenarnya kita membutuhkan ilmu dari orang lain untuk meningkatkan kemampuan. Rasa jaim sudah terlalu mendominasi diri kita, yang justru membuat orang lain juga enggan memberi masukan pada kita karena kita dianggap merasa lebih mampu dari mereka.

Keadaan seperti inilah yang akan merugikan diri Anda sendiri. Ilmu kita yang masih sedikit tidak akan berkembang dengan keadaan, yang sama saja membunuh diri Anda perlahan-lahan. Bila Anda tetap bersikap gengsi dan jaim, selamanya Anda akan tetap seperti itu dan tidak akan berkembang karena tidak ada ilmu yang masuk.


4. Sama Sekali Tak Punya Inisiatif Untuk Berkembang

Inisiatif bagaikan bahan bakar yang akan mengantar Anda untuk selalu berusaha semakin maju. Bila inisiatif untuk mengembangkan diri itu tidak Anda miliki, sama saja Anda tidak ingin menjadi seseorang yang lebih maju dari posisi Anda saat ini. Sebesar apapun potensi, bakat, dan kemampuan Anda saat ini, tanpa adanya inisiatif untuk maju tetap saja tidak ada artinya.

Oleh karena itu, jadilah orang yang memiliki banyak inisiatif terhadap segala sesuatu, termasuk yang berkaitan dengan pengembangan diri. Akan ada banyak sisi dalam diri Anda yang bisa dikembangkan untuk menunjang kinerja baik itu sebagai seorang pengusaha ataupun karyawan.

Demikian artikel beberapa penyebab Anda sulit mengembangkan diri. Semoga bermanfaat!

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

0 Response to "Beberapa Penyebab Anda Sulit Mengembangkan Diri"

Post a Comment