Bagaimana Cara Memulai Usaha Warnet dan Game Online?

Memulai Usaha Warnet


Beberapa alasan mengapa pelaku bisnis memilih memulai usaha warnet adalah karena peluangnya yang cukup menjanjikan dengan menyasar segmen anak-anak muda. Selain itu, pelaku bisnis tersebut sudah memiliki passion dalam mengelola warnet apalagi bila warnet tersebut terdapat fasilitas game online. mereka serasa berbisnis sambil menggeluti hobinya.
Dan mereka yang telah membukanya pasti sudah mempertimbangkan masak-masak mengapa mereka berani untuk memulai dan membukanya di lokasi tersebut. Lalu, apa saja pertimbangan lainnya yang mesti diperhatikan? Simak bagaimana cara memulai usaha warnet dan game online berikut ini.

1. Lokasi Warnet
Lokasi selalu menjadi faktor penting berjalan atau tidaknya sebuah bisnis. Lokasi potensial untuk membuka usaha ini adalah dekat dengan pusat keramaian seperti kampus, sekolah, dan pusat-pusat keramaian di perkotaan. Tapi jika Anda ingin mendirikannya di perkampungan penduduk, carilah lokasi yang memiliki tingkat kepadatan penduduk yang cukup tinggi.

2. Target Pengguna
Dari lokasi yang sudah Anda pilih, Anda harus membuat target berapa jumlah pengunjung yang akan mengunjungi tempat Anda. Mereka yang aktif menggunakan jasa internet adalah pengunjung di kisaran usia 10-50 tahun. Dan yang paling aktif adalah para remaja serta mereka yang berada di usia produktif sampai usia 30 tahun. Usia remaja dan anak kecil lebih menyukai bermain game online, sedangkan usia produktif lebih kepada mengerjakan tugas sekolah, kuliah, atau pekerjaan mereka.

3. Fasilitas Warnet
Ingat, kenyamanan seseorang untuk berlama-lama di warnet Anda tergantung pada fasilitas yang ada di dalamnya. Mereka tidak akan mau beranjak bila mereka merasa nyaman dan betah untuk terus berselancar di dunia maya. Fasilitas yang bisa Anda penuhi seperti meja komputer, adanya pendingin ruangan entah itu AC atau kipas angin, pembatas komputer sebagai privasi pengguna, fasilitas printer untuk mencetak dokumen, dan parkir motor yang aman agar pengguna merasa tenang. Anda pun harus mempertimbangkan jenis tempat duduk yang akan digunakan, apakah menggunakan kursi atau cukup lesehan dengan menggunakan karpet.

4. Spesifikasi Komputer
Bila usaha warnet Anda terdapat fasilitas game online, Anda tentu membutuhkan spesifikasi komputer yang cukup tinggi dengan minimal memiliki RAM 2 GB, prosessor core 2 duo, dan VGA 1 GB untuk computer client. Sedangkan untuk computer server, Anda harus menggunakan spesifikasi di atasnya. Layar monitor yang bisa Anda gunakan yaitu monitor berukuran 22 inchi. Lengkapi pula dengan speaker, keyboard yang mudah dioperasikan, dan mouse gaming.

5. Kecepatan Koneksi
Koneksi internet yang cepat dibutuhkan untuk usaha warnet yang disertai game online. contohnya, bila Anda membuka usaha warnet dengan 11 komputer yang mana 1 sebagai server dan 10 sebagai client, asumsinya dibutuhkan setidaknya kecepatan koneksi minimal 2 Mbps. Kebutuhan internet dan banyaknya komputer dapat Anda tentukan sendiri.

6. Usaha Sampingan
Nah, inilah yang bisa Anda manfaatkan untuk mendapatkan omset lebih. Orang yang menghabiskan wanktu berjam-jam untuk berselancar di dunia maya pasti membutuhkan sesuatu seperti kopi, minuman dingin, rokok, mie instan, cemilan, dan sebagainya. Bila Anda memiliki budget lebih, Anda bisa menambah usaha pada warnet Anda seperti cetak foto, fotocopy, laminating, dan lain sebagainya. 

Demikian artikel bagaimana cara memulai usaha warnet dan game online. Dibutuhkan modal yang tidak sedikit untuk memulainya. Sehingga bila Anda sudah memutuskan untuk membuka usaha ini, Anda harus bekerja keras dan fokus untuk mengembangkan usaha warnet Anda.


Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

1 Response to "Bagaimana Cara Memulai Usaha Warnet dan Game Online?"

  1. togel sgp

    ★ ANGKA MAIN SINGAPORE = 7 0 6 5

    Keterangan Lebih Lanjut ,Hubungi Kami Disini :
    * Pin BBM : D1A279B6/7B83E334(Full)
    * Whatsapp : +85598291698
    * Line : +85598291698

    ReplyDelete