Cara Sukses Mengembangkan Bisnis Mebel


Mengembangkan Bisnis Mebel


Seorang tukang kayu saja bisa menjadi presiden. Kok bisa? Itulah sebuah bisnis yang bila dijalankan dengan maksimal akan berbuah manis. Termasuk berbisnis mebel, sebuah produk yang mulai banyak dicari oleh perusahaan atau perorangan yang membutuhkan.
Nah bila Anda memiliki minat untuk mulai terjun dalam industri perkayuan, Anda harus memiliki strategi yang tepat bagaimana agar masyarakat luas dapat menggunakan produk rancangan Anda. Lalu apa saja strateginya? Simak cara sukses mengembangkan bisnis mebel berikut ini.

      1.       Pemasaran Produk
Tentukan segmen pasar ketika Anda mulai menjalani bisnis ini. Dengan begitu, Anda bisa merancang dan memutuskan strategi yang efisien dan efektif. Contohnya, bila target pemasaran Anda adalah kompleks perumahan, maka Anda harus mengajak pengelolanya untuk bekerjasama. Buat proposal semenarik mungkin dengan penawaran harga yang kompetitif terhadap produk yang akan Anda tawarkan seperti: kusen, pintu, lemari, kursi, meja makan, dll. Untuk berpromosi, Anda dapat membuat brosur dan menyebarkannya ke masyarakat luas di sekitar usaha mebel Anda berdiri. Selain itu, Anda dapat memasarkannya via internet. Sertakan pula kualitas dan kelebihan produk yang Anda jual, agar masyarakat tahu keunggulan produk mebel Anda yang membedakan dengan tempat lainnya.

      2.        Penataan Showroom yang Baik
Menariknya sebuah showroom terlihat dari penataannya yang rapi. Tempatkan produk-produk unggulan Anda di bagian depan showroom. Dengan demikian, konsumen akan bisa melihat dan menilai produk terbaik Anda. Perhatikan pula kebersihan showroom Anda agar konsumen dapat nyaman melihat-lihat produk yang mereka butuhkan.

      3.       Harga Yang Terjangkau
Salah satu trik jitu yang bisa dilakukan untuk mengembangkan bisnis mebel Anda adalah memberikan harga yang terjangkau kepada masyarakat menengah dan menengah ke bawah. Selain itu, Anda dapat memberikan potongan harga kepada konsumen yang berbelanja dalam kuantitas tertentu. Berikan pula garansi terhadap tiap barang yang mereka beli, sehingga konsumen yakin akan terjaminnya kualitas barang di tempat Anda.

      4.        Menjalin Kerjasama
Asal Anda melihat sebuah proses pembangunan, kemungkinan besar mereka dapat Anda ajak bekerjasama. Entah itu sekolah, restoran, hotel, perumahan, sampai apartemen. Tentu bila penawaran Anda dapat membuat mereka tertarik, entah dari segi harga atau kualitas yang mereka butuhkan. Sudah banyak pula pastinya pebisnis mebel yang bersaing mendapatkan kepercayaan untuk dapat diajak bekerjasama. Tinggal bagaimana Anda harus berusaha agar mereka memutuskan pilihannya terhadap Anda.
(Baca juga: Tips Mengelola Keuangan untuk Pengusaha Pemula)

Demikian artikel cara sukses mengembangkan bisnis mebel. Semoga bermanfaat!

Sumber: suhedribusli.com

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

0 Response to "Cara Sukses Mengembangkan Bisnis Mebel"

Post a Comment