Kiat Tepat Memulai Usaha Rumah Makan



Memulai Usaha Rumah Makan



Salah satu kebutuhan dasar seseorang untuk dapat bertahan hidup adalah melalui makan. Dalam sehari, kira-kira seseorang dapat makan 2-3 kali tergantung kebutuhannya. Bahkan, ada yang lebih dari itu. Bila dikaitkan dengan salah satu tips memilih produk untuk mulai berbisnis adalah mencari apa yang sangat dibutuhkan orang, maka berbisnis rumah makan adalah pilihan yang tepat.
Apalagi trend makan saat ini bukan hanya pemenuhan kebutuhan, tapi juga gaya hidup seseorang yang menyukai jenis kuliner tertentu. So, bila digabungkan antara kebutuhan dan gaya hidup, target market Anda akan semakin luas bukan? Di sinilah ide brilian Anda dibutuhkan untuk menciptakan sebuah “hidangan” yang unik dan tidak biasa. Lalu, apa saja yang harus dilakukan untuk memulainya? Yuk langsung saja kita simak kiat tepat memulai usaha rumah makan.

1. Menu Makanan
Menu merupakan unsur utama sebuah rumah makan dapat dimulai dan bertahan. Jika menu yang Anda sajikan setiap harinya banyak peminat dan selalu habis terjual, artinya menu Anda dapat diterima oleh market. Jika sebaliknya, Anda masih harus mengulik kira-kira menu apa yang bisa diterima target market Anda. Tidak usah khawatir, Anda bisa melakukan trial and error dimulai dari menu yang Anda suka sampai menu yang disukai banyak orang berdasarkan dari info-info yang Anda baca.

2. Daya Beli
Trial and error bukan hanya harus dilakukan dalam bentuk menu. Harga pun harus Anda observasi untuk mengukur daya beli target market Anda. Terlalu mahal akan sangat memberatkan target market Anda, terlalu murah pun dapat membuat omset Anda berjalan lambat bahkan merugi. Sesuaikan dulu apakah target market Anda adalah golongan menengah atau menengah ke atas. Dari situ Anda dapat menentukan harga yang seusai dengan kualitas makanan yang Anda hidangkan.

3. Ciri Khas
Salah satu yang membuat rumah makan mudah diingat oleh pelanggan adalah ciri khas rumah makan itu yang membedakannya dengan rumah makan lain. Bila Anda sudah menemukan menu yang cocok dengan nama yang unik dengan tempat yang sudah didesain sedemikian rupa, rumah makan Anda akan menjadi referensi utama bagi pelanggan dan tidak menutup kemungkinan mereka akan mengajak teman-temannya. Lebih-lebih bila ciri khas Anda sudah populer dan menu yang ada di dalamnya tidak ada di tempat lain, rumah makan Anda akan menjadi satu-satunya yang terlihat langka dan unik.

4. Tempat yang Strategis
Lokasi menjadi faktor penting sebuah rumah makan dapat berkembang atau tidaknya. Bila Anda membuka rumah makan pada lokasi yang tepat dan strategis untuk dikunjungi, misal di tempat yang ramai akan pengunjung seperti pusat perkantoran, pusat perbelanjaan, pusat wisata, kampus, atau pinggir jalan raya, kemungkinan besar rumah makan Anda lah yang akan dituju oleh konsumen. Tinggal beri daya tarik mengapa tempat Anda layak dikunjungi, Anda dapat menyiasatinya di menu dan harga yang bersahabat. 

5. Pelayanan yang Memuaskan
Bila menu dan lokasi sudah tepat ditambah Anda sudah memiliki ciri khas, tambahkan nilai lebih yang dapat memuaskan para pelanggan berupa pelayanan yang memuaskan. Pelanggan akan terkesan bila Anda karyawan rumah makan Anda selalu dihiasi dengan 3 S: Senyum, Sapa, Salam. Mereka akan lebih menikmati hidangan dengan pelayanan yang ramah. Bila budget Anda mencukupi, sediakan pula fasilitas free Wifi dan live music. Dengan demikian pelanggan Anda akan betah untuk berlama-lama.

Demikian artikel kiat tepat memulai usaha rumah makan. Semoga dapat membantu Anda yang akan memulai usaha rumah makan.

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

0 Response to "Kiat Tepat Memulai Usaha Rumah Makan"

Post a Comment