Tips Meningkatkan Omset Toko Kelontong




Meningkatkan Omset Toko Kelontong


Siapa bilang untuk berjualan toko kelontong tidak perlu strategi bisnis yang tepat? Bisnis apapun itu, baik online maupun offline, harus memiliki strategi yang dapat menyasar konsumen agar tertarik dengan produk kita. Termasuk toko kelontong, salah satu peluang bisnis rumahan yang cukup menguntungkan.
Tak perlu dipungkiri memang sudah banyak orang yang menjalaninya. Sehingga dibutuhkanlah strategi pemasaran agar konsumen hanya tertarik berbelanja di tempat Anda. Lalu strategi apa yang harus dilakukan? Berikut tips meningkatkan omset toko kelontong yang kita kelola.

      1.      Barang yang Dijual Harus Bervariasi
Produk yang bervariasi bukan berarti Anda harus mengisi penuh seperti layaknya minimarket atau agen besar. Anda cukup menyediakan produk-produk yang dibutuhkan orang banyak setiap harinya seperti sembako atau pulsa elektrik.

      2.      Melakukan Pembukuan
Anda harus mencatat semua biaya belanja, hasil penjualan setiap hari, biaya transportasi ketika berbelanja, kebersihan, sampai upah karyawan bila ada. Catat pemasukan dan pengeluaran tersebut dalam buku besar yang telah Anda siapkan. Dengan melakukan pencatatan, Anda dapat mengetahui berapa pendapatan bersih Anda dari berbisnis toko kelontong.

      3.      Sediakan Jasa Antar
Sudah banyak toko kelontong yang menyediakan jasa antar dengan jumlah pembelian tertentu. Anda pun dapat menggunakan strategi ini. Tentunya harus mempertimbangkan jarak dari toko kelontong Anda kepada pembeli. Dengan begitu, konsumen golongan rumah tangga akan terbantu. Siapkan 1 nomor telepon khusus yang dapat dihubungi oleh konsumen untuk berbelanja di toko Anda.

      4.      Cari Pemasok yang Lebih Murah
Dengan mencari pemasok yang bisa memberikan harga murah akan berdampak ke harga jual Anda yang bisa lebih murah kepada konsumen. Karena untuk konsumen rumah tangga, harga murah adalah faktor utama mereka untuk berbelanja dan menentukan ke depannya akan menjadi pelanggan atau tidak.

      5.      Utamakan Kualitas Produk
Selain harga murah, pastikan kualitas produk Anda menjadi unggulan di toko kelontong Anda. Datangkan produk-produk yang sedang menjadi trend di iklan-iklan televisi. Antisipasi segala bentuk produk yang ketika konsumen sudah membeli, tetapi produk itu sudah jatuh tempo atau kadaluarsa. Selalu jaga kualitas produk toko kelontong Anda.

      6.      Jam Buka Sesuai Kebutuhan
Bila suatu saat konsumen hendak membeli produk di tempat Anda namun toko Anda sedang tutup, tentunya konsumen akan kecewa. Usahakan toko Anda sudah buka ketika orang membutuhkan sesuatu untuk kebutuhannya seperti di pagi hari pukul 06.00 sampai pukul 21.00. Bangun lebih pagi juga akan menyegarkan pikiran Anda. Bila Anda ada aktivitas lain sehingga tidak bisa full time, jaga bergantian dengan anggota keluarga Anda lainnya atau menyewa karyawan untuk menjaga.

      7.      Jangan Beri Hutang Kepada Orang yang Tidak Dikenal
Bila ada yang hendak berhutang kepada Anda namun Anda tidak pernah melihat orang itu sebelumnya dan tidak tahu di mana rumahnya, Anda tidak perlu memberinya hutang. Anda tidak mempunyai kebutuhan untuk tak enak hati terhadap orang yang tidak jelas asal-usulnya. Lain halnya bila yang berhutang adalah orang yang sudah lama Anda kenal, orang yang perlu dibantu, atau orang yang Anda yakin ia dapat membayar hutangnya, Anda dapat mengizinkannya berhutang produk di toko kelontong Anda.

      8.      Beri Pelayanan yang Memuaskan
Terakhir, berikan pelayanan yang memuaskan dengan komunikasi interpersonal yang Anda miliki. Gaya pelayanan sebuah toko yang kaku tanpa ada senyum sama sekali dari penjual hanya akan menjadikan Anda bahan pembicaraan para konsumen di rumahnya. Layani mereka berapapun produk yang mereka beli, karena hanya itu kemampuan dan kebutuhannya. Anda harus pahami bahwa semua konsumen sama, sehingga mereka punya hak yang sama untuk dilayani.
(Baca juga: Tips Mengelola Keuangan untuk Pengusaha Pemula)

Demikian artikel tips meningkatkan omset toko kelontong. Semoga Anda dapat semakin menaikkan omset toko kelontong Anda.

Dihimpun dari berbagai sumber

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

0 Response to "Tips Meningkatkan Omset Toko Kelontong"

Post a Comment