4 Metode Belajar Internet Marketing

4 Metode Belajar Internet Marketing


Apa itu internet marketing? Internet marketing yaitu aktivitas melakukan pemasaran baik produk atau jasa melalui internet. Tentu maksud pemasaran di sini tidak mengenai penjualan semata, tapi juga promosi, branding, serta membina hubungan baik dengan pelanggan secara online.

Belajar internet marketing bisa dibilang gampang-gampang susah. Akan terasa mudah bagi ia yang cepat menyerap dan memiliki referensi terpercaya. Namun terasa sulit bagi yang tidak memiliki referensi terpercaya beserta mentornya. Tidak ada yang salah mengenai metode bagaimana cara kita belajar internet marketing. Masalahnya, apakah kita sudah melakukan cara yang lebih efektif dan mudah sesuai dengan kemampuan kita?
Apapun itu, tujuan utama dari memahami internet marketing adalah memperoleh pundi-pundi uang. Betapa pun canggihnya metode Anda dalam mempelajarinya namun gagal dalam aplikasi, semuanya sia-sia. Ada 4 pilihan metode belajar internet marketing yang bisa Anda coba, yang tentu memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

1.    Belajar Secara Otodidak
Banyak yang meragukan seseorang untuk belajar sesuatu secara otodidak. Mengapa? Tidak ada seorang mentor yang dapat mengawasi sehingga dikhawatirkan ia tidak akan memperoleh goal yang diharapkan. Tapi nyatanya cukup banyak orang-orang sukses yang belajar internet marketing secara otodidak. Ia cukup ‘nongkrong’ di grup, rajin membaca artikel tentang internet marketing, sampai tak malu bertanya kepada orang-orang yang sudah expert mengenai internet marketing. Seseorang yang belajar secara otodidak memiliki potensi lebih besar untuk mendapatkan strategi baru, inovasi baru, dan trik baru atas percobaan yang dilakukannya sendiri.

Belajar melalui otodidak memiliki banyak kekurangan, Anda akan terasa lelah karena harus melakukan semuanya seorang diri. Mencari referensi sendiri, berpikir sendiri, dan bingung harus memulainya dari mana.

2.    Belajar Melalui Seminar
Jika Anda tidak ingin bersusah payah belajar secara otodidak dengan menginginkan referensi langsung dari ahlinya, jalan yang harus ditempuh adalah melalui seminar atau workshop. Belakangan, banyak event bermunculan mengenai internet marketing, belajar SEO, dan sejenisnya. Durasi yang diberikan sekitar 2 sampai 5 jam. Materi yang disampaikan cukup detail namun karena waktu yang terbatas biasanya tidak membahas persoalan teknis. Tiket yang harus dibeli untuk mengikuti acara ini pun biasanya tidak murah, namun bila beruntung Anda dapat mengikutinya secara free.

Kekurangan dari belajar lewat seminar adalah, Anda hanya belajar internet marketing dari kulitnya saja. Semua yang disampaikan adalah yang masih bersifat general, persoalan teknis dikembalikan ke individu metode apa yang akan diterapkannya. Durasi yang singkat menjadi penyebabnya, karena untuk memahami internet marketing secara mendalam dibutuhkan waktu yang tidak sebentar. Agar seminar Anda tidak sia-sia, usahakan Anda mendapatkan hard copy yang telah diberikan atau bila tidak ada Anda dapat meminta soft copynya kepada panitia. Hard copy atau soft copy penting karena Anda dapat mengingat kembali pelajaran yang telah Anda dapat di seminar.

3.    Belajar Melalui Kursus Offline
Kursus tidak hanya dalam bidang yang sering kita jumpai seperti menjahit, menyetir, atau tata rias. Kursus internet marketing pun sudah banyak tersedia. Metode belajar melalui kursus sangat ampuh karena Anda dapat belajar langsung bersama sang ahli yang akan menjadi mentor Anda. Ia akan mengajarkan Anda sesuai waktu yang telah disepakati. Metode belajar seperti di sekolah biasa, Anda tinggal mendengarkan dan mempraktekkan. Bila ada pertanyaan pun Anda dapat langsung mengajukan kepada mentor. Kelebihan metode ini, semuanya dilakukan secara bertahap, berbeda dengan seminar atau workshop yang hanya dilakukan sekali saja.

4.    Belajar Melalui Kursus Online
Metode melalui kursus online hampir sama dengan kursus langsung. Kelebihannya Anda dapat belajar dari rumah tanpa perlu repot menuju tempat kursus. Koneksi internet dan layanan sosial media dibutuhkan agar Anda tetap terhubung dengan sang mentor. Waktu belajar dapat ditentukan sesuai kesepakatan Anda dan mentor apakah pagi, siang, atau malam. Kekurangan metode ini Anda tidak bisa bertatap muka dan tidak ada tanya jawab terbuka dengan mentor. Koneksi internet pun dikhawatirkan dapat terputus sewaktu-waktu.

Demikian artikel 4 metode belajar internet marketing. Metode apapun pilihan Anda, pastikan Anda sanggup menjalaninya sesuai kemampuan dari awal hingga akhir serta dapat memperoleh goal yang diharapkan. Semoga sukses!

Sumber: tulisbaca.com

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

0 Response to "4 Metode Belajar Internet Marketing"

Post a Comment