Peran Teknologi untuk Pengembangan Bisnis



Peran Teknologi untuk Bisnis

Sudahkah Anda melibatkan teknologi dalam menjalankan bisnis? Apakah pengembangan bisnis Anda dapat tertolong dengan penggunaan teknologi tersebut?

Kita tak bisa memungkiri bahwa teknologi akhir-akhir ini sudah menjadi bagian pokok untuk memenuhi kebutuhan pelaku usaha di Indonesia. Dapat meningkatnya kualitas bisnis adalah prioritas utama siapapun yang menjalani bisnis, termasuk Anda. Oleh sebab itu, dukungan teknologi agar bisnis Anda dapat semakin berkembang pesat di tengah ramainya persaingan sangat Anda butuhkan.

Kemudian, apa saja yang bisa dibantu oleh teknologi untuk menunjang aktivitas bisnis Anda? Inilah yang bisa dilakukan teknologi untuk pengembangan bisnis Anda.

1.       Mempromosikan Produk atau Jasa
Berkat kemajuan teknologi di bidang media promosi, kini Anda dapat memperkenalkan produk atau jasa Anda ke berbagai kota tanpa perlu memikirkan transportasi yang membutuhkan biaya besar. Apalagi Anda dapat memaksimalkannya melalui dua media promosi, yaitu media online dan media offline. Melalui media online, Anda dapat menggunakan sosial media seperti Facebook, Instagram, Twitter, atau berbagai marketplace seperti tokopedia, bukalapak, atau OLX. Selain melalui sosial media dan marketplace yang tidak berbayar tersebut, Anda dapat membangun rumah sendiri dengan membuat website. Tentunya ada kelebihan dan kekurangan masing-masing antara Anda menggunakan yang berbayar maupun tidak.
Selain melalui media online, Anda pun dapat melakukan promosi di media offline. Media offline terdiri dari televisi, radio, spanduk, surat kabar, billboard, dan media lainnya. Bisa dibilang biaya untuk promosi melalui media offline lebih tinggi dibanding media online.

2.       Membangun dan Menjaga Relasi Bisnis
Dengan perkembangan teknologi, komunikasi dan kerjasama antara Anda dengan pelanggan atau rekan bisnis dapat terjalin semakin mudah. Bila dulu seorang pelaku bisnis yang hendak melakukan komunikasi hanya bisa melalui telepon, pager, atau SMS, kini Anda dapat dengan mudah dibantu oleh aplikasi online seperti BlackBerry Messenger, WhatsApp, dan Line. Bahkan untuk dapat melakukan meeting jarak jauh dengan rekan bisnis Anda dapat menggunakan aplikasi video call seperti skype.

3.       Mengontrol Jalannya Bisnis
Selain sebagai media promosi dan menjalin komunikasi, teknologi dapat memberi kesempatan bagi Anda untuk mengawasi bisnis di mana pun dan kapan pun. Aktivitas perusahaan Anda dapat selalu Anda awasi selama 24 jam penuh melalui aplikasi CCTV yang dapat tersambung melalui smarthphone Anda. Selain itu, melalui aplikasi GPS Tracking, distribusi produk dan jasa Anda dapat selalu dikontrol.

4.       Mengelola Keuangan Usaha
Dengan bantuan teknologi, pengelolaan keuangan usaha Anda pun jadi lebih mudah. Mungkin dulu Anda masih menggunakan buku besar untuk membuat laporan keuangan, sehingga dibutuhkan waktu berjam-jam karena masih menggunakan cara manual. Kini, dengan mudah Anda dapat membuat laporan tersebut dengan menggunakan microsoft office yang telah tersedia di laptop atau komputer Anda. Selain aplikasi tersebut, Anda dapat menggunakan software akuntansi berbayar lainnya untuk membuat laporan keuangan. Contoh software berbayar yang dapat Anda gunakan adalah Jurnal.id dan ReadyForZero.

5.       Menjaga Keamanan Data
Adanya teknologi pun dapat membuat keamanan data perusahaan semakin terjamin. Data yang mulanya hanya berbentuk tulisan di lembaran kertas, kini dapat disimpan dalam media usb dan harddisk dengan bentuk softcopy. Selain itu untuk mengurangi risiko hilangnya data di media-media tersebut, Anda dapat mem-back up dan menyimpannya secara online seperti google drive atau dropbox. Kemungkinan data dicuri orang akan sangat kecil karena hanya Anda yang tahu email, password, dan username akun Anda. Sehingga bila sudah menyimpannya secara online, Anda tidak perlu khawatir lagi untuk kehilangan data.

Demikian artikel peran teknologi untuk perkembangan bisnis. Seperti yang sudah Anda baca, teknologi tidak hanya memiliki peran untuk pengembangan bisnis, tapi juga memberi kemudahan para pelaku bisnis terutama bisnis UKM untuk dapat mengendalikan bisnisnya kapan pun dan di mana pun mereka berada.

Sumber: bisnisukm.com

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

0 Response to "Peran Teknologi untuk Pengembangan Bisnis"

Post a Comment